Bus Maut di Ciamis Memakan Korban

  • Whatsapp
banner 728x250

 

 

Tragedi Maut, Bus Rombongan Peziarah Alami Kecelakaan, Tabrak Rumah dan Sejumlah Kendaraan.

Mediahumaspolri – Ciamis | Bus pariwisata menabrak rumah warga hingga mengakibatkan sejumlah orang tewas. Terungkap, bus yang mengangkut rombongan peziarah itu diduga kecelakaan lantaran menghadapi medan jalan yang sulit, kecelakaan tersebut terjadi di Jalan Raya Panjalu-Panumbangan, Dusun Paripurna RT 20 RW 07, Desa Payungsari, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis.

“Bus PO Pandawa datang dari arah utara atau Panjalu menuju arah selatan atau Panumbangan. Di TKP menemui jalan menurun,” ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo saat dikonfirmasi, Sabtu (21/5/2022).

Di saat jalan menurun tersebut, Bus kemudian menabrak Microbus yang sedang berhenti di pinggir jalan sebelah kiri. Bus lalu menabrak sepeda motor dan kendaraan boks dari arah berlawanan.

“Lalu kendaraan Bus PO Pandawa menabrak rumah yang berada di kanan jalan,” kata Ibrahim.

Rombongan Bus Pariwisata Kecelakaan di Tanjakan Balas Ciamis, Tabrak 3 Rumah 1 Warung)
Rombongan Bus Pariwisata Kecelakaan di Tanjakan Balas Ciamis. Bus menabrak tiga rumah dan sejumlah kendaraan.

Polda Jabar menerjunkan tim guna menangani insiden kecelakaan maut yang menewaskan sejumlah orang di Ciamis. “Kita sudah kirimkan Subdit Gakkum, malam ini mereka ke sana (lokasi kejadian),” ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo, saat di konfirmasi, Sabtu (21/5/2022).

Kabid humas menuturkan lokasi insiden kecelakaan tersebut cukup jauh. Meski begitu, tim Polda Jabar sudah berangkat ke TKP.

“Tim untuk melakukan olah TKP,” kata Kabid humas.

Sedikitnya empat orang meninggal dunia dalam insiden bus tabrak rumah warga di Jalan Panjalu-Panumbangan, tepatnya di Tanjakan Balas Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Sabtu (21/5/2022).

Berdasarkan data dari Kasubag TU Puskesmas Payungsari Gaga Nugraha, rincian korban meninggal terdiri dua warga Desa Payungsari, satu warga Pagerageung Tasikmalaya, dan satu warga Balaraja Tangerang.

“Totalnya ada empat yang meninggal. Penumpang bus satu orang. Satu orang warga yang habis bepergian. Dua orang lagi warga Panjalu-Panumbangan. Jadi yang meninggal di Puskesmas Payungsari tiga orang, dan satu orang lagi di Puskesmas Panjalu,” ujar Gaga Nugraha.

Proses evakusi korban meninggal dunia dalam insiden bus peziarah tabrak rumah di Ciamis
Proses evakusi korban meninggal dunia dalam insiden bus peziarah tabrak rumah di Ciamis.

Gaga menjelaskan setelah kejadian kecelakaan bus tersebut, Puskesmas Payungsari menerima 48 orang. Tercatat tujuh orang di antaranya mengalami luka berat. Kemudian pihak Puskesmas Payungsari merujuk pasien yang luka berat ke beberapa tempat.

“Yang luka berat dirujuk ke Rumah Sakit dr Soekardjo Tasikmalaya dan Panjalu. Sedangkan yang luka ringan kita pulangkan. Jenazah yang warga disini sudah dibawa pihak keluarga,” ucap Gaga.

Tiga korban yang mengalami luka-luka masih dirawat di Puskesmas Payungsari. Salah seorang di antaranya pemilik rumah yang tertabrak bus.

Laporan : Edi.k wartawan cms

Pos terkait