Dinas pendidikan kolaborasi dengan kemenag Gelar kegiatan pentas agama Islam (PAI)

  • Whatsapp

Dinas pendidikan kolaborasi dengan kemenag Gelar kegiatan pentas agama Islam (PAI)

ACEH TIMUR —Media Humas polri com/ Ratusan utusan siswa/i SD – SMP di Aceh Timur mengikuti pentas Pendidikan Agama Islam (PAI) yang digelar oleh dinas pendidikan kabupaten Aceh timur) dan kolaborasi dengan kemenag kab Aceh timur dan bertempat di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN 1 Idi) Idi Rayeuk pada Kamis 28/10/2021.

Bacaan Lainnya

Kadis pendidikan Aceh Timur sabagai ketua panitia Saiful Basri, S.Pd, M.Pd kepada media ini menyebutkan pentas PAI dilaksanakan setiap 2 tahu sekali dan kerjasama antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur Dengan Kemenag Aceh Timur dan diharapkan dapat menjadi sarana aktualisasi diri bagi peserta didik dalam hal pendalaman, penghayatan, dan pengamalan nilai-nilai ajaran Islam.

“Pentas PAI merupakan Agenda Rutin Kemenag, kita berkolaborasi juga dengan Cabang Dinas Pendidikan Aceh (Cabdin) dalam mensukseskan kegiatan ini, Kegiatan-kegiatan dalam Pentas PAI ini diharapkan mampu menumbuhkan minat dan niat yang kuat untuk memahami, menghayati, dan mengamalkan

ajaran agama, serta menampilkannya dalam sikap keseharian siswa yang

berakhlakul karimah,” ujarnya.

Keterampilan dan seni yang menjadi inti pentas PAI, juga diharapkan nantinya mampu mendekatkan seni sebagai wahana yang efektif dalam memberikan pemahaman dan penghayatan ajaran agama sehingga lebih mudah merasuk ke hati anak-anak.

“Nilai-nilai agama yang akan lebih mudah dijangkau dengan mengemas melalui seni yang sesuai dengan perkembangan jiwa dan psikologis mereka,” tuturnya.

“Untuk para peserta untuk tetap bersemangat, dan tetap menjaga protokol kesehatan,” pungkas Saiful Basri.

Sementara itu, H.Salman, S.Pd, M.Ag Kepala Kantor Kemenag Aceh Timur, menyebutkan lomba pentas PAI tingkat Kabupaten Aceh timur tahun 2021 yang

diselenggarakan oleh Seksi Pendidikan Agama Islam (PAIS) Kemenag Aceh Timur didukung oleh Pemkab Aceh Timur.

“Selain bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan peserta didik kepada Allah SWT, juga dapat meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan peserta didik terhadap nilai-nilai ajaran Islam, sehingga dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan bahwa tujuan dari Pentas Pendidikan Agama Islam (PAI) juga untuk pengembangan para peserta didik.

“Pentas PAI ini dapat menumbuhkembangkan pembentukan sikap, mental, sportifitas, kejujuran, dan ukuwah islamiyah antar sesama siswa, sekaligus dapat digunakan sebagai alat ukur untuk mengetahui kompetensi dan prestasi peserta didik di bidang PAI,” ujarnya.

Melalui kegiatan yang melibatkan peserta siswi , SMP, se-Kabupaten Aceh Timur yang membuka ini, berharap dapat memberikan motivasi kepada peserta didik agar lebih bersemangat untuk mempelajari dan mencintai PAI.

Adapun Pentas yang di perlombakan ialah Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ), Lomba Pidato PAI (LPP), Musabaqoh Hifzhil Qur’an (MHQ), Lomba Cerdas Cermat PAI (LCP), Lomba Kaligrafi Islam (LKI), Lomba Seni Nasyid (LSN), Lomba Debat PAI (LDP), Lomba Kreasi Busana (LKB)

Pewarta

kAbiro Aceh timur (MN)

Pos terkait