Kemenparekraf Gandeng Pemkab Sragen Dirikan Politeknik Pariwisata Negeri

  • Whatsapp

Kemenparekraf Gandeng Pemkab Sragen Dirikan Politeknik Pariwisata Negeri

Media Humas Polri || Sragen

Bacaan Lainnya

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia menggandeng Pemerintah Kabupaten Sragen untuk mendirikan Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Negeri di wilayah Gemolong, Sragen, Jawa Tengah.

Pendirian Poltekpar Jawa Tengah ini diawali dengan penandatanganan perjanjian hibah tanah dari Pemkab Sragen, antara Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dengan Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Selasa (17/05/2022) di Pendopo Sumonegaran Rumah Dinas Bupati Sragen.

Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi langkah cepat Pemkab Sragen dan mengungkapkan alasan memilih Kabupaten Sragen sebagai lokasi pendirian Poltekpar diatas tanah seluas 200.875 meter persegi atau 20,1 hektar itu.

Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, selama ini hanya Bupati Sragen saja yang cepat merespon keinginannya untuk menggenjot sumber daya manusia (SDM) di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Saat itu, Bupati Yuni langsung menawarkan hibah tanah seluas 20 hektar lebih, siapa cepat dia dapat,” tutu Sandiaga S. Uno.

Terkait dengan urgensi pendirian perguruan tinggi ini, Sandi menyampaikan, saat ini kondisi pariwisata sudah mulai menggeliat. Hal itu menurutnya, perlu diimbangi dengan ketersediaan SDM yang mumpuni.

“Adanya Poltekpar bisa menjadi jawaban atas suplai kebutuhan SDM yang akan ditempatkan di pariwisata maupun di sektor ekonomi kreatif. Urgensinya kebangkitan pariwisata sudah menggeliat, perlu ditingkatkan. Selama ini banyak skimming, banyak yang getok bikin wisatawan kapok. Wisatawan dikejar mereka justru akan lari. Cara berjualan seperti apa, itu akan diberikan di Poltekpar ,” paparnya.

Kontributor : Jiyanto
Editor : Mhn

Pos terkait