Lomba Desa Dan Kelurahan Kabupaten Purwakarta Tahun 2024 Desa Citalang Tandang

  • Whatsapp

Media Humas Polri // Purwakarta

Dalam rangka mewujudkan Desa dan Kelurahan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purwakarta yang mandiri dan sejahtera, maka diperlukan evaluasi perkembangan untuk percepatan kemajuan Desa dan Kelurahan secara berkala melalui penyelenggaraan Lomba Desa dan Kelurahan se-Kabupaten Purwakarta Tahun 2024.

Bacaan Lainnya

Desa Citalang sebagai satu-satunya Desa di Wilayah hukum Kecamatan Purwakarta yang ikut kontestasi dalam lomba Desa & Kelurahan tahun 2024 telah berhasil menyajikan presentasi dan menjawab berbagai pertanyaan tim penilai dengan sangat baik, lugas dan terukur.

Kepala Desa Citalang Mohamad Kosasih, SE mengatakan kepada awak media bahwasanya ia hanya menjelaskan semua yang menjadi grand desain program desanya.

“Saya hanya menjelaskan pembangunan dan pencapaiannya, rencana program yang sudah disusun dan akan dilaksanakan dan hal-hal yang memang menjadi rutinitas kegiatan pemerintahan desa kami, termasuk aspek administrasinya,” ujar Kades.

Tampak dalam kegiatan tersebut, Camat Kecamatan Purwakarta, Aan, A.Pd.i, MM mengatakan bahwa dirinya hadir untuk memberikan support buat Pemerintahan Desa Citalang yang ikut serta dalam lomba desa dan kelurahan.

“Saya dan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan beserta pegawai di lingkungan kantor Kec. Purwakarta hadir untuk memberikan dukungan moril buat Pemdes Citalang,” ujar Aan,Senin 21 Mei 2024.

“Dan saya puas atas penyajian presentasi tadi. Pokoknya LUAR BIASA buat Pemdes Citalang,” tambahnya.

Sementara itu Ketua Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan Kabupaten Purwakarta Tahun 2024, Dra. Yayah Rodiah Kartobi MM mengatakan bahwa maksud pelaksanaan Lomba Desa dan Kelurahan adalah untuk mendorong ruang kompetisi yang positif sekaligus evaluasi kinerja Pemerintahan Desa dan Kelurahan dalam perencanaan dan implementasi program atau kegiatan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan serta pemberdayaan masyarakat desa dan kelurahan.

“Lomba Desa dan Kelurahan ini dimaksudkan sebagai penilaian untuk evaluasi perencanaan program pembangunan desa/kelurahan dan pencapaiannya sebagai tolak ukur atas alokasi anggaran yang diterima oleh desa dan kelurahan,” jelas Yayah.

Masih menurut Yayah bahwasanya kegiatan lomba desa dan kelurahan ini sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas pembangunan mulai dari perencanaan dan pencapaiannya termasuk peningkatan kualitas pemberdayaan masyarakat.

“Untuk Lomba Desa dan Kelurahan tahun 2024 ini mengusung tema Wujudkan Masyarakat Sejahtera Melalui Belanja Desa Dan Kelurahan Yang Berkualitas, diharapkan adanya peningkatan secara kualitatif dalam pembangunan, mulai dari perencanaan sampai pada pencapaiannya. Sehingga pada akhirnya tercipta peningkatan kualitas pelayanan publik termasuk didalamnya peningkatan kepuasan publik,” pungkasnya. (Randy)

Pos terkait