PASAKA dan Majelis Agung Windu Dukung MotoGP Mandalika

  • Whatsapp

PASAKA dan Majelis Agung Windu Dukung MotoGP Mandalika

Media humas polri || Mataram

Bacaan Lainnya

Dua eleman masyarakat adat Pulau Lombok mendukung penuh even MotoGP Mandalika 2022, yang akan digelar tanggal 18-20 Maret mendatang di Sirkuit Mandalika. Dukungan itu datang dari golongan muda suku Sasak, yang tergabung dalam Paseban Sasak Adi atau PASAKA dan Majelis Agung Windu Sesukertaning Jagat (MAWSJ) Lombok.

Dalam pertemuan PASAKA dan Majelis Agung Windu, yang membahas tentang penyelamatan aset dan atau situs sejarah, Jumat (11/3/2022) malam, Pembina PASAKA Lalu Abdul Haris dengan tegas menyatakan dukungannya, terhadap pelaksanaan even MotoGP Mandalika 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB)

“Sebagai putra Sasak Pulau Lombok, PASAKA mendukung even MotoGP yang akan digelar di Gumi Tatas Tuhu Trasna, Lombok Tengah,” tegas sapaan akrab Jaya Kelana itu.

Bagi Mamiq Jaya, pelaksanaan even MotoGP harus sukses tergelar dengan dukungan segenap elemen masyarakat NTB, terlebih PASAKA sebagai organisasi yang di dalamnya berkumpul para bangsawan muda suku Sasak, dari berbagai pedalaman (kelompok bangsawan) Sasak se-Pulau Lombok.

“Kondusifitas keamanan dan ketertiban harus tetap terjaga, demi suksesnya even internasional MotoGP ini dan itu tidak bisa ditawar-tawar. Kita harus menjaga marwah Mandalika secara khusus, dan Pulau Seribu Masjid di mata dunia,” tandas Mamiq Jaya.

Sementara Ketua PASAKA HL. Sofyar Putrangga Muncar, S.H. dalam kesempatannya mengatakan, masyarakat Gumi Sasak Lombok khususnya warga Paer Lauq (Lombok Tengah) sebagai tuan rumah MotoGP, dengan kearifan lokalnya dipastikan tidak akan menciderai adat istiadat dan budaya, yang secara turun temurun diwariskan oleh nenek moyang suku Sasak.

“Artinya, kita adalah satu dan harus bersatu menjaga khazanah kearifan lokal kita, sesuai nama suku kita Saq-Saq atau saq sopoq (yang satu/tunggal, red), yang merupakan deklarasi dari suatu kesepakatan,” ucap putra Ranggagata itu.

Senada, Ketua Majelis Agung Windu Sesukertaning Jagat Lombok I Gede Gunawan Wibisono, S.H., M.Hum., juga menegaskan dukungannya terhadap even MotoGP Mandalika 2022.

“Majelis Agung Windu yang didelegasikan oleh Puri Agung Cakranegara, menyatakan dukungan penuh terhadap pelaksanaan MotoGP. Budaya Sasak dan Bali banyak persamaan dan merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan,” ungkapnya.

“Lebih-lebih Raja Dewata Agung yang diteruskan oleh Penglingsir Puri Agung Cakranegara, sudah pernah menitahkan bahwa kita harus menjaga kedamaian dan keharminisan. Itu adalah salah satu landasan berpijak bagi umat Hindu Lombok,” tuturnya.

Untuk diketahui, dalam pertemuan itu kedua elemen masyarakat Lombok itu membahas terkait situs-situs sejarah, termasuk penyelamatan aset Pura Lingsar. Pasaka bersama Majelis Agung Windu sepakat untuk mengawal, setiap proses penyelamatam aset-aset pura di Pulau Lombok.

Terpisah, Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol. Artanto, S.I.K., M.Si. setelah mendapat informasi terkait dukungan tersebut, memberikan apresiasi tinggi kepada PASAKA dan Majelis Agung Windu.

“Sungguh luar biasa, PASAKA yang merupakan golongan muda bangsawan Sasak bisa berkolaborasi dengan Majelis Agung umat Hindu, dalam memberikan dukungan terhadap even MotoGP,” ujarnya.

“Terima kasih kepada PASAKA dan Majelis Agung Windu,” ucap Artanto.

Oma Indra (MHP)

Pos terkait