Polsek Wajak Cek dan Monitoring Kandang Sapi Terkait Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)

  • Whatsapp

Polsek Wajak Cek dan Monitoring Kandang Sapi Terkait Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)

Mediahumaspolri || Malang

Bacaan Lainnya

Ka SPKT Polsek Wajak Polres Malang Aiptu Beni Wahyudi bersama Bripda Fajar Fajrin melakukan pemantauan dan monitoring terkait wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di Desa Sukolilo, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang, Rabu (18/05/2022) Siang.

Dari hasil koordinasi dengan Seksi Peternakan Kecamatan Wajak Koordinator Penyuluh Teknis Peternakan (PTPK) terkait dengan adanya kejadian penyakit menular akut pada hewan ternak Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Jawa Timur untuk di Wilayah Kecamatan Wajak tidak ada.

Di tempat terpisah Kapolsek Wajak AKP Bambang Wahyu Jatmiko menjelaskan, bahwa dengan adanya wabah penyakit akut menular pada hewan ternak masih dalam relatif aman dan tidak ada virus penyakit yang menyerang pada ternak seperti Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Dari hasil indikasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) hewan ternak sapi di Wilayah Kecamatan Wajak terkait adanya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada sapi, bahwa penyakit menular PMK sementara di Wilayah kecamatan Wajak masih Nihil.

Ciri PMK pada sapi diantaranya;
-Suhu badan sapi panas,
-Mulut luka seperti sariawan,
-Sapi terus menerus mengeluarkan air liur.

Pencegahannya dengan cara penyekatan tranformasi sapi dari luar Daerah.

“Sementara untuk di Wilayah Kecamatan Wajak sampai saat ini terpantau dan termonitor belum ada dan tidak ada yang terjangkit wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK),” jelas Bambang Wahyu Jatmiko. (Eddymhp//Oprthumaswajak)

Pos terkait