Satlantas Polres Kuansing Gelar Sosialisasi  Edukasi Sopir dan Ramp Check Kendaraan Umum dalam Operasi Bulan Angkutan Umum Berkeselamatan

  • Whatsapp

Satlantas Polres Kuansing Gelar Sosialisasi  Edukasi Sopir dan Ramp Check Kendaraan Umum dalam Operasi Bulan Angkutan Umum Berkeselamatan

Media Humas Polri||Kuansing

Bacaan Lainnya

Satuan Lalu Lintas Polres Kuantan Singingi melaksanakan kegiatan sosialisasi, edukasi sopir, dan ramp check kendaraan umum di wilayah hukum Polres Kuantan Singingi. Kegiatan ini merupakan bagian dari Operasi Bulan Angkutan Umum Berkeselamatan, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan keselamatan berlalu lintas.

Kegiatan yang diberi nama “Operasi Bung Selamat” ini dilaksanakan pada Senin (27/5/2024) di Jalan Lintas Teluk Kuantan-Pekanbaru KM 5, desa Jake, Kecamatan Kuantan Tengah. Kegiatan dimulai pukul 11.00 WIB dan berlangsung hingga selesai. Operasi ini melibatkan Satgas Preemtif Sat Lantas Polres Kuantan Singingi serta dua personel dari Dinas Perhubungan.

Kapolres Kuansing, AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K, M.H., melalui Kasat Lantas AKP Boy Setiawan S.AP., M.SI, mengatakan, “Kegiatan ini terdiri dari tiga bagian utama yakni sosialisasi program Bung Selamat, edukasi kepada sopir angkutan, dan ramp check atau pemeriksaan kondisi kendaraan umum. Sosialisasi dan edukasi dilakukan di lokasi yang strategis, yaitu di Jalan Lintas Teluk Kuantan-Pekanbaru KM 5, desa Jake, Kecamatan Kuantan Tengah. Tempat ini dipilih karena merupakan jalur utama yang dilalui oleh banyak kendaraan umum dan angkutan,” jelas Kasat.

Dari kegiatan yang dilakukan, diperoleh beberapa hasil positif. Pertama, masyarakat menjadi lebih mengetahui tentang program Bung Selamat yang bertujuan mencegah kejadian kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kendaraan umum, angkutan, dan PO Bus. Kedua, sopir angkutan diberi edukasi mengenai pentingnya melakukan pemeriksaan kendaraan sebelum beroperasi, sehingga dapat mengurangi risiko kecelakaan. Ketiga, kegiatan ini diharapkan dapat mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar lantas) serta menekan angka kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Kuantan Singingi.

“Selama kegiatan berlangsung, situasi terpantau aman dan terkendali. Kegiatan sosialisasi, edukasi, dan ramp check ini diharapkan dapat terus berlanjut dan menjadi bagian dari upaya preventif untuk meningkatkan keselamatan berlalu lintas di wilayah Polres Kuantan Singingi,” tandas Kasat Lantas.(Syafrinal)

Pos terkait