Untuk Membangkit Ekonomi Rakyat, Dinas Koperasi Dan UMKM Kota Semarang Gelar Festival Pasar Sehat UMKM.

  • Whatsapp
banner 728x250

Untuk Membangkit Ekonomi Rakyat, Dinas Koperasi Dan UMKM Kota Semarang Gelar Festival Pasar Sehat UMKM.

Mediahumaspolri.com. SEMARANG-Untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang stabil dan berkelanjutan, perlu didukung kokohnya stabilitas makro ekonomi dan sistem keuangan. Oleh karena itu koperasi harus dapat membangkitkan ekonomi rakyat dengan pemberdayaan sektor riil khususnya pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang dapat berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi. Hal ini dikatakan Camat Semarang Timur Kota Semarang, Ibu Nurul Hidayati, S.I.P, M.Sos pada kegiatan Festival Pasar Sehat UMKM dan Vaksinasi yang diadakan di Halaman Kantor Kecamatan Semarang Timur Kota Semarang Jawa Tengah, Sabtu (23/10/2021).

Kegiatan ini diadakan oleh Dinas Koperasi dan UMKM didukung oleh Pemerintah Daerah Kota Semarang. Hadir dalam kegiatan ini Ibu Krisseptiana Hendrar Prihadi, istri Walikota Semarang, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Kepala Puskesmas Halmahera, Puskesmas Bugangan, Puskesmas Karangdoro.

Lebih lanjut Ibu Nurul Hidayati, S.I.P,M.Sos mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan kegiatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang sudah dua tahun berturut-turut terhenti karena pandemi covid-19. Siapapun boleh berjualan dan semuanya digratiskan.

“Dalam kegiatan Festival Pasar Sehat UMKM ini pihak Kecamatan Timur hanya memfasilitasi tempat, perijinan dari Rukun Tetangga setepat. Sedangkan pengemasan dibantu oleh Dinas Koperasi dan UMKM, pembuatan gerai dibantu oleh Karang Taruna setempat”, kata Ibu Nurul Hidayati

Disisi lain, masyarakat mengharapkan kegiatan semacam ini rutin diadakan oleh pemerintah Kota Semarang, apalagi disaat ekonomi sedang terpuruk akibat pandemi covid saat ini.

“Saya merasa terbantu mas dengan adanya kegiatan ini karena himpitan ekonomi. Saya berharap kegiatan ini berjalan rutin, karena ada sembako murah apalagi kali ini ada vaksin gratis”, ujar salah satu partisipan festival pasar sehat yang tidak mau disebutkan identitasnya.

Ibu Nurul Hidayati S.I.P,M.Sos menambahkan akan mengusakan kegiatan ini rutin diadakan untuk membantu masyarakat disaat ekonomi sedang terpuruk, mungkin setiap satu kelurahan satu tempat secara bergantian dan kalau bisa di tempat yang strategis dan tidak mengganggu lalu lintas.

“Saya kerja untuk masyarakat mas, saya bersyukur kalau ada yang berempati, kita harus saling support dalam kondisi seperti ini. Mungkin melalui media, kita bisa berbagi kebaikan. Saya juga wellcome untuk siapa saja yang mau main ke kantor berkoordinasi untuk menyampaikan keluh kesah yang bersifat membangun. Pada kegiatan ini meskipun di Kota Semarang PPKM sudah level satu, tetapi saya selalu menghimbau masyarakat atau partisipan yang ada di sini untuk menjaga protokol kesehatan “, pungkasnya.

Pentingnya peran Pemerintah Kota Semarang dan Dinas terkait untuk intervensi terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah agar meningkatkan ketrampilannya. Semua pengrajin UMKM terus bekerja, jangan banyak berpangku tangan agar bisa berdiri tegak dalam menghadapi perubahan. Untuk meningkatkan daya saing di bidang perekonomian, selalu berinovasi sehingga mampu menciptakan produk yang berkualitas, namun dengan harga yang terjangkau guna meningkatkan perekonomian daerah dan meningkatkan daya beli masyarakat. (Ardian)

Pos terkait