362 Peserta Ikuti Lomba Seni Suara Burung Perkutut Piala Bupati Sragen

  • Whatsapp

362 Peserta Ikuti Lomba Seni Suara Burung Perkutut Piala Bupati Sragen

Media Humas Polri || Sragen

Bacaan Lainnya

Ada sekitar 362 burung perkutut berasal dari berbagai daerah memenuhi arena angkasa, beradu suara indah nan ciamik di hadapan para juri. Burung perkutut tersebut sengaja dilatih khusus oleh pemiliknya untuk mengikuti ajang Lomba Seni Suara Burung Perkutut Putaran Piala Bupati Sragen tahun 2022 di Lapangan GOR Diponegoro Sragen, Jawa Tengah, Minggu (15/05/2022).

Lomba seni suara alam burung perkutut tingkat nasional ini merupakan salah satu rangkaian Hari Jadi Kabupaten Sragen ke 276.

Lomba dibuka langsung oleh Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati yang ditandai dengan pelepasan burung perkutut.

Peserta lomba tersebut berasal dari berbagai daerah, yakni Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat hingga luar Jawa.

Ketua panitia pelaksana sakaligus ketua Persatuan Pelestari Perkutut Seluruh Indonesia (P3SI) Pengurus Daerah (Penda) Sragen, Andreas Setyo Wibowo mengatakan, ada 4 kategori yang dilombakan, diantaranya kategori junior, senior, kategori setengah kerekan (ditarik ke atas dengan ketinggian separuh), maupun kelas hanging.

“Kelas dewasa senior terdiri dari 1 blok Jumlah 49 gantangan kerek, Kelas dewasa junior terdiri dari 2 blok jumlah 84 gantangan kerek, Kelas piyek junior terdiri dari 3 blok jumlah 133 gantangan kerek dan kelas hanging terdiri dari 2 blok jumlah 96 gantangan centel,” terang Andreas.

Untuk penilaian, antara lain suara depan, suara tengah, suara ujung, warna suara dan kwalitas suara.

“Burung yang mempunyai nilai tertinggi berdasarkan kriteria penjurian P3SI yang ditetapkan sebagai Pemenang,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengapresiasi animo peserta yang cukup tinggi, bahkan banyak yang berasal dari luar daerah.

Kontributor : Jiyanto
Editor : Mhn

Pos terkait