Bupati Nagan Raya HM Jamin Idham SE Buka Rakor Bidang Penelitian dan Pengembangan

  • Whatsapp

Bupati Nagan Raya HM Jamin Idham, SE Buka Rakor Bidang Penelitian dan Pengembangan

Nagan Raya – Mediahumaapolri.com

Bacaan Lainnya

Bupati Nagan Raya HM Jamin Idham SE, secara resmi membuka Rapat Koordinasi Bidang Penelitian dan Pengembangan di Aula Utama Bappeda setempat, Rabu (18/05/2022).

Rakor Bidang Litbang tersebut mengangkat tema ‘Mendorong Kemandirian Penelitian Pengembangan dan Penguatan Inovasi Daerah yang Berdaya Saing.’

Bupati Nagan Raya dalam sambutannya menyampaikan,
pertumbuhan dan pembangunan perlu digerakkan oleh strategi yang tidak saja semakin efisien, namun mengedepankan inovasi dengan memberdayagunakan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dikatakan, kesadaran akan pentingnya inovasi saat ini ditandai dengan telah diterbitkannya Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang memberikan peluang untuk melakukan inovasi.

“Pasal 386 Undang-Undang tersebut mengamanatkan dalam rangka peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan, Pemerintah Daerah dapat melakukan inovasi,” kata Bupati.

Bupati juga menjelaskan, inovasi merupakan kunci untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, daya saing daerah, dan kesejahteraan masyarakat.

Sehingga, sambungnya, inovasi menjadi salah satu alat dalam mengakselerasi peningkatan daya saing setiap elemen negara yang meliputi pemerintah, swasta dan masyarakat sipil.

“Saya berharap kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah, supaya setelah mengikuti acara ini dapat menciptakan inovasi yang baik dengan tujuan untuk bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” pinta Jamin Idham.

Sebelumnya, Kepala Bappeda Nagan Raya, Rahmattullah, SSTP MSi, melaporkan, penyelenggaraan rakor tersebut adalah untuk menambah wawasan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten Nagan Raya mengenai penelitian dan inovasi daerah.

“Alasan mengapa kita mengangkat tema ini, karena mengingat penelitian pengembangan dan inovasi merupakan kunci untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, daya saing daerah, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Rahmat.

Rahmat juga menjelaskan, tujuan dari rapat ini agar dapat memberikan semangat berinovasi dalam upaya mendorong peningkatan pelayan publik, meningkatkan pembangunan, pemberdayaan masyarakat dan daya saing daerah.

Pemateri pada rakor tersebut disampaikan
Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappeda Aceh, Dr Ir Erna Alemina MP dan Sub Koordinator Inovasi Daerah, Nanda Yunizar, ST MT.

Sedangkan peserta rakor diikuti para Kepala Bagian/Bidang OPD terkait serta camat dilingkup Pemerintah Kabupaten Nagan Raya.

Laporan: Sofyan Hs
Sumber: DISKOMINFOTIK NR

Pos terkait