Menjelang HUT Ke-276 Bupati Sragen Mengajak Komunitas Bonsai Promosikan Sragen

  • Whatsapp

Menjelang HUT Ke-276 Bupati Sragen Mengajak Komunitas Bonsai Promosikan Sragen

Media Humas Polri || Sragen

Bacaan Lainnya

Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengajak komunitas bonsai untuk ikut mempromosikan Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Hal itu diungkapkan Bupati dr Kusdinar Untung Yuni Sukowati usai membuka sekaligus menyerahkan penghargaan kepada Pemenang Kontes Bonsai Nasional “Piala Bupati Sragen” yang dilaksanakan mulai Sabtu (14/05/2022) hingga Rabu (18/05/2022) mendatang.

Dalam acara pameran dan kontes bonsai tersebut, Bupati Sragen diberi kehormatan untuk menancapkan bendera penilaian di kelas Bonsai kategori Best in Show.

Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengatakan bonsai merupakan bagian dari pemberdayaan masyarakat dan masuk dalam kategori ekonomi kreatif dan inovatif.

“Para petani bonsai ini justru bertahan di kala pandemi Covid 19 yang lalu dan mereka justru bisa mendapatkan keuntungan. Saya kira ini peluang bisnis bagi warga masyarakat Sragen. Ternyata Sragen memiliki tiga pusat bonsai, yaitu di Sambungmacan, Plupuh dan Tanon. Bahkan di Sambungmacan itu ada dana desa yang digunakan untuk pemberdayaan petani bonsai,” terang Bupati.

Dia mengapresiasi kegiatan tersebut, selain menjadi hiburan dan ajang menuangkan rasa seni, juga bisa dilirik potensi ekonominya.

“Kami mengapresiasi atas dilaksanakannya pameran bonsai nasional ini. Selain menjadi hiburan bagi masyarakat yang datang, bagi pecinta bonsai ini akan memiliki potensi ekonomi untuk mendongkrak perekonomian masyarakat,” kata Bupati.

Selain itu, Dia mengatakan Pemerintah Kabupaten Sragen juga sangat siap menjadi tuan rumah pameran dan kontes bonsai nasional di event berikutnya. Selain untuk hiburan, kontes semacam ini juga diyakini akan menggairahkan semangat peduli lingkungan.

“Ada daya tarik yang kuat dan tinggi sehingga bonsai menjadi potensi ekonomi yang menjanjikan jika ditekuni dengan baik,” ujar Bupati.

Pameran itu, Lanjut Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati merupakan bagian dari upaya menggairahkan teman-teman petani bonsai karena bonsai di kelas prospek mencapai ratusan pohon.

“Dari sekian banyak Bonsai itu, saya terkesan dengan bonsai yang kekar dan berwibawa berukuran jumbo,” pungkasnya

Pada pameran dan kontes bonsai berkelas nasional 2022 tersebut, Bonsai Sancang milik Andri Kristanto, warga Sidoarjo Jawa Timur, menjadi bonsai Best in Show.

Kontributor : Jiyanto
Editor : Mhn

Pos terkait