Pengambilan Air Tirto Tenggara Sendang Soko Tandai Hari Jadi Ke 501 Kabupaten Semarang

  • Whatsapp

Pengambilan Air Tirto Tenggara Sendang Soko Tandai Hari Jadi Ke 501 Kabupaten Semarang.

Media Humas Polri – Semarang

Bacaan Lainnya

Prosesi Tirto Tenggara Sendang Soko di Kelurahan Tegalwaton Kecamatan Tengaran merupakan kegiatan menerima mandat untuk meneruskan dan melaksanakan ritus adat pengambilan air dalam rangka hari ulang tahun (HUT) ke 501 Kabupaten Semarang.

Camat Tengaran, Bapak Dodo mengatakan dengan segala keterbatasan kami berusaha melangsungkan ritus budaya ini untuk membangun semangat dan mewariskan nilai budaya sebagai bekal masa depan para penerus bangsa.

Kegiatan Merti Bumi Serasi dalam rangka HUT ke 501 Kabupaten Semarang tahun 2022 ini, diawali dengan mengambil air Tirto Tenggara di Sendang Soko yang berada di wilayah Kelurahan Tegalwangon, kemudian beberapa orang dengan berseragam tradisional berjalan arak-arakan membawa air dan peralatan ke Tuntang.

Pengambilan air ini dengan maksud melalui budaya untuk membangun dan merajut kembali spirit kejayaan masa lalu.

Merti Bumi Serasi tahun ini selain pengambilan dan penyerahan air, juga dilakukan penanaman pohon, penebaran bibit ikan, pelepasan burung, tumpengan dan saresehan. Kegiatan dilaksanakan di Kelurahan Tegalwangon, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang Propinsi Jawa Tengah, Jum’at (11/3/2022).

Ditempat terpisah, Bupati Semarang H. Ngesti Nugraha, SH, MH melalui momentum hari jadi ke 501 mengajak masyarakat bersama-sama mewujudkan Kabupaten Semarang dengan slogannya “Bumi Serasi” untuk Berdikari yakni akronim dari Bersatu, Berdaulat, Berkepribadian, Sejahtera dan Mandiri.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Pewarta : Sisthia
Editor : Mhn

Pos terkait