Peringatan Hari Jadi Ke 501 Bupati Semarang Gelar Jamasan Pusaka Peninggalan Leluhur

  • Whatsapp

Peringatan Hari Jadi Ke 501, Bupati Semarang Gelar Jamasan Pusaka Peninggalan Leluhur

Media Humas Polri – Semarang

Bacaan Lainnya

Diawali penyerahan air Tirta Perwitasari dari Bupati Semarang kepada Ketua Paguyuban Tosan Aji, menandai dimulainya proses jamasan pusaka dalam rangka hari jadi ke-501 Kabupaten Semarang di Pendopo Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Senin (14/3/2022).

Penjamasan pusaka peninggalan leluhur dimaksudkan untuk menghormati jasa para pendahulu Kabupaten Semarang, sekaligus melambangkan niat suci membangun Kabupaten Semarang yang lebih sejahtera dan berdikari.

Pusaka Kabupaten Semarang yang merupakan peninggalan Ki Ageng Pandanaran, adalah Tombak Lurus, Tombak Trisula Nggligir Lembu, Dhuwung Lok Pitu Mantan Sinarasah serta Tombak Trisula Sakti.

Setelah dilakukan penjamasan, selanjutnya pusaka tersebut di kirap keliling pendopo Rumah Dinas Bupati dan dikembalikan ke dalam gedung pusaka Rumah Dinas Bupati Semarang.

Bupati Semarang H. Ngesti Nugraha, SH, MH menerangkan bahwa pada jamasan pusaka kali ini digelar arak-arakan dengan membawa air suci yang di ambil dari sumber air 19 kecamatan yang ada di Kabupaten semarang.

“Hari ini, Senin (14/3/2022) adalah kegiatan Jamasan Pusaka. Sebelumnya, pada hari Rabu (8/3/2022) kita telah melakukan Ziarah Makam Ki Ageng Pandanaran 1 di Kota Semarang. Pada hari Kamis (9/3/2022) Ziarah Makam Ki Ageng Pandanaran 2 di Bayat Kabupaten Klaten. Kemudian hari Sabtu (12/3/2022) telah di gelar pengajian di Pendopo Rumah Dinas Bupati Semarang, dan hari Minggu (13/3/2022) malam Saresehan/Tirakatan serta Napak Tilas di Desa Pager Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Semarang. Desa Pager ini dulunya menjadi pusat pemerintahan pada era penjajahan Belanda,” jelas Bupati Semarang H. Ngesti Nugraha.

Bupati Semarang H. Ngesti Nugroho, SH, MH menyampaikan kepada awak media lokal dan nasional bahwa besuk Selasa (15/3/2022) akan di gelar apel besar HUT Kabupaten Semarang di halaman kantor Sekda Kabupaten Semarang.

“Kita semua berharap pandemi Covid-19 ini segera berakhir. Hal ini agar perekonomian masyarakat segera bangkit, kegiatan sosial kemasyarakatan juga bisa normal kembali. Di tahun 2022 ini semoga Kabupaten Semarang lebih baik dari tahun sebelumya, masyarakat merasa Ayem Tentrem Gemah Ripah Loh Jinawi. Juga diberikan kesehatan dan keberkahan oleh Tuhan Yang Maha Esa,” terangnya kepada awak media humas polri saat di temui di Pendopo Rumah Dinas Bupati Semarang, jalan Ahmad Yani Ungaran, Ka. Semarang, Senin (14/3/2022).

Selain itu, kata Bupati, juga bencana alam segera berakhir di tahun 2022 ini. Kedepannya Kabupaten Semarang ini semakin maju, sesuai dengan Tema HUT Kabupaten Semarang ke 501 yaitu “Bersama melawan Covid-19 untuk mewujudkan Kabupaten Semarang Berdikari”. Ini semua harus di laksanakan dan diikuti secara bersama-sama.

Hadir dalam kegiatan Jamasan Pusaka tersebut yakni Bupati Semarang H Ngesti Nugraha SH.MH, Wakil Bupati H.Bashari MH ST, Sekda Djarot Supriyoto, Kepala Disdikbupora Sukaton Purtopo Priyanto, Juru Kunci Pusaka Muh Edi Sukarno, Ketua Harian Tosan Aji Pandanaran MA Sutikno, Ketua Paguyuban Tosan Aji Suketno dan anggota Paguyuban Tosan Aji.

Meski acara di gelar sangat sederhana tetapi berlangsung dengan hikmat.

Pewarta : M.Supadi
Editor : Mhn

Pos terkait