DPP RKCA Minta Pemerintah Nagan Raya Satabilkan Harga TBS Dan Cabut Izin PMKS Yang Nakal

  • Whatsapp

DPP RKCA Minta Pemerintah Nagan Raya Satabilkan Harga TBS Dan Cabut Izin PMKS Yang Nakal.

NAGAN RAYA || mediahumaspolri.com

Bacaan Lainnya

Terkait turunnya harga tandan buah sawit (TBS) di Kabupaten Nagan Raya meresahkan petani banyak mengeluh tentang harga  yang tidak stabil tersebut, Dewan Pimpinan  Pusat Rimueng Kila Center Atjeh (DPP RKCA) angkat bicara terkait Anjlok harga sawit dan meminta Pemerintah untuk menaikan harga sesuai dengan prosedur.

Harga TBS saat ini Rp. 1000 / Kg dan Rp. 1.250 perkilogram yang sebelumnya mencapai Rp.2000 hingga Rp. 2.500 perkilogram, patut perhatian terhadap petani sawit dikarenakan harga tidak sesuai dengan di tetapkan sebelumnya,’’kata Ketua DPP RKCA Agus Salim RZ Kepada awak media Senin (16/5)

Agus meminta agar harga TBS tersebut segera dinaikkan, dan distabilkan jika tidak dilakukan sangat merugikan petani sawi di Nagan Raya, karena anjlok harga TBS tersebut dari PMKS ada juga yang membeli TBS dari masyarakat dengan harga yang sangat rendah hal ini tidak dapat dibiarkan, karena ini dapat menyebabkan keuntungan pribadi perusahaan PMKS tersebut.

‘’kami meminta kepada Pemerintah dan PMKS jangan ada bermain dengan harga TBS tersebut, sebab itu tidak berguna , masyarakat sudah tahu dan pandai dengan harga TBS tersebut,’’tegas Agus

Agus juga meminta pada Pemerintah Jika terbukti melakukan permainan harga sawit segera dilakukan tindakan tegas serta mencabut izin operasional PMKS yang bermain nakal di Kabupaten Nagan Raya.

Perlu di ketahui bahwa dari Aceh sudah menetapkan harga TBS beberapa sesuai ketentuan yang berlaku, maka kalau ada pihak dan oknum yang bermain di PMKS harus di ambil tindakan yang tegas apabila perlu cabut izin dan sita PMKS yang nakal.

Sementara Kadis Perkebunan Kabupaten Nagan Raya di konfirmasi Abdul Latif, menjelaskan,memang benar penurunan harga TBS tersebut bukan permainan dari pihak PMKS, akan tetapi bisa jadi harga kadang-kadang naik dan turun seuai dengan situasi sekarang ini.

Untuk mengantisipasi permainan harga beli TBS di wilayah itu, pihaknya terus melakukan pengawasan di lapangan. Jika terbukti melakukan pelanggaran akan diberikan sangsi berat.

‘’ Jika ada pihak bermain dalam penjualan TBS akan kita lakukan penindakan tegas terhadap PMKS yang ada di Nagan Raya, karena kali ini tidak main-main dalam mengambil tindakan tersebut,’’tegasnya

Ia mengharapkan kepada masyarakat agar jangan panik harga TBS yang turun tersebut, dipastikan harga TBS akan naik lagi jika waktu dan situasi sudah mendukung.

Laporan : Sofyan Hs

Pos terkait